...SELAMAT DATANG DI PETA CREATION, TEMPAT BELAJAR BERSAMA UNTUK MENAMBAH ILMU PENGETAHUAN DAN IMAJINASI MU DI SINI OK...
 

Jumat, 07 Desember 2012

Cara Membuat Kamera Lubang Jarum Atau Pinhole



Mungkin di antara kalian sudah tak asing lagi dengar yang namanya kamera lubang jarum
ya kan..?
kali ini aku mau share Cara Membuat Kamera Lubang Jarum Atau pinhole.
Gini ceritanya kemaren malam tu aku nonton salah satu acara televisi,terus ngeliat ada komunitas kamera lubang jarum gitu. Nah sebagai manusia normal aku pun jadi penasaran macam mana sih cara buatnya. setelah acaranya selesai langsung la aku Googling kesana kemari mencari tutorialnya..

Apa sih kamera lubang jarum ?
kamera lubang jarum adalah suatu alat penampakan sebuah benda secara optik didalam box yang tertutup atau ruang gelap. Pada salah satu sisinya terdapat satu buah lubang yang akan menghasilkan gambar yang ada diluar box pada sisi box secara terbalik malalui “rectilinear propagation of light”..
Dan ternyata kamera lubang jarum adalah kamera yang pertama kali digunakan dalam dunia potret memotret sejak zaman dulu..wooww emang luar biiasa orang zaman dulu.

Bahan-bahan yang di gunakan pun cukup murah dan simple
contohnya seperti di bawah ini:
1.kotak korek api
2.kaleng minuman bekas,bisa coca cola
3.isolasi kabel
4.roll film,(yang baru)
5.roll film bekas/kosong
6.spiral untuk negjilid buku
7.jarum,gunting,spidol hitam



  • Cara Membuat Kamera Lubang Jarum Atau Pinhole


  • Cara buatnya:
    Bikin frame di bagian dalam korek api,(lebar lobang cukup framenya 2,4cm) lalu warnai dengan warna hitam.
    Membuat Frame Lubang Jarum
    Mewarnai Hitam Kotak Lubang Jarum

    Bikin juga lubang segi 4 di pembungkus kotak korek api
    Lubang Di Luar Kotak Lubang Jarum

    Kemudian gunting kaleng minuman tadi, kira-kira agak kecil dari kotak korek api,lalu lobangi dengan jarum tepat di bagian tengah.melobanginya cukup kecil saja yang penting berlobang.
    Gunting Kaleng Lubang Jarum
    Lobangi Kaleng Lubang Jarum

    Tempelkan potongan kaleng tadi dengan bungkus kotak korek api lalu di isolasi
    lihat gambar.
    Tempel Lubang Jarum

    Lalu bikin shutter,gunanya untuk membuka tutup lubang jarum di kotak korek api
    liat lagi gambarnya
    Tape Down Shutter

    Gunakan spiral untuk membuat penanda klik, lalu tempel di ujung roll film,(yang baru).
    Lihat gambar.
    Cutting Clicker
    Cutting Clicker 2
    Clicker Down

    Ukur terlebih dahulu 2,4 itu ada berapa lobang di filmnya.
    Misalnya ada 7 lubang,ntar kalian akan mendengar 7x bunyi klik

    Setelah itu masukkan filmnya kedalam kotak korek api yang telah di buat tadi.
    pull film thru box

    Lalu satukan ujung film yang baru dengan sisa ujung roll film bekas/kosong dengan isolasi
    lihat gambar:
    splice film

    Masukan bagian dalam korek api seperti gambar di bawah
    Slide in tray

    Setelah itu isolasi setiap bagian ujung-ujungnya.
    usahakan isolasi dengan sangat rapat agar tidak ada cahaya yang masuk kedalam kotak.
    Stop Leaks Front

    Buat winder dengan pembuka tutup kaleng, winder gunanya untuk memutar film.
    Add Winder

    Dan hasil akhirnya akan seperti gambar di bawah ini..
    Finished

    Cara mengunakannya cukup membuka shutter lalu diamkan beberapa saat..
    saat mengambil gambar usahakan untuk tidak goyang agar hasilnya maksimal..
    waktu dalam pengambilan gambar tergantung dari kondisi cahaya yang masuk,
    untuk cahaya terang atau outdoor cukup buka shutternya kurang lebih 3-5 detik Lalu Tutup.
    untuk cahaya sedang 10-15 detik lalu tutup.
    untuk menggunakan di malam hari lumayan lama 10-30 menit,terkadang bisa sampai 1 jam.
    Semua tergantung dari cahaya,besar ukuran lubang,jarak lobang dari film dan banyak lagi faktor yang mempengaruhi hasil gambar.
    Lalu kalau ingin mengambil gambar lagi cukup memutar saja rollnya,tapi shutter harus dalam kondisi tertutup.begitu seterusnya..
    Selamat Mencoba


    Read more: Cara Membuat Kamera Lubang Jarum Atau Pinhole - Eflianda blogzZz http://eflianda.blogspot.com/2012/06/cara-membuat-kamera-lubang-jarum-atau.html#ixzz2ENuQPP00
    Diberdayakan oleh Blogger.