...SELAMAT DATANG DI PETA CREATION, TEMPAT BELAJAR BERSAMA UNTUK MENAMBAH ILMU PENGETAHUAN DAN IMAJINASI MU DI SINI OK...
 
iklan banner 125 x 125 iklan banner 125 x 125 iklan banner 125 x 125 iklan banner 125 x 125 iklan banner 125 x 125

Kamis, 18 Oktober 2012

Menjernihkan Suara Rekaman HP


Kadang banyak lagu Mp3 yang beredar adalah merupakan hasil dari rekaman pertunjukan live. Tentu saja lagu tersebut pastinya akan banyak suara tambahan, terutama dari suara berisik penonton. Kalo sudah seperti itu pastinya sudah tidak enak lagi untuk didengar, karena suara musiknya sudah ada campuran dari suara lain. Apakah kita bisa menghilangkannya ? Tentu saja bisa. Kali ini sobatpc.com akan sharing bagaimana cara meredam suara berisik dari penonton, agar lagu Mp3 anda sedikit bersih dari suara berisik tambahan.
Sejatinya pertunjukan lagu yang live itu akan lebih hidup jika dibarengi dengan suara yel-yel dari penonton. Biasanya suara-suara dari penonton tidak akan dominan melainkan terdengar sayup-sayup di background. Kalau menurut saya itu tidak mengganggu melainkan lebih menambah kemeriahan suatu pertunjukan live.
Jika anda tidak menghendaki suara penonton sama sekali bisa saja anda cari versi rekaman studionya bukan?
Saya beberapa kali mencoba untuk melakukan filter terhadap suara gaduh penonton di adobe audition namun hasilnya kurang memuaskan dalam segi kualitas suara. Namun tetap saya jelaskan caranya supaya anda bisa memutuskan mau menggunakannya atau tidak.
Sebelumnya, 2 syarat mutlak agar suatu audio live bisa diredam suara-suara gaduh dari penonton:
  1. Dual channel (stereo) atau lebih (dolby 5.1), single channel (mono) tidak akan bisa dilakukan peredaman suara
  2. Di record lewat peralatan mixer sound system. Umumnya pertunjukan live suaranya direkam melalui kanal mixer sound system. Jadi audio seperti ini yang lebih memungkinkan untuk diredam daripada audio yang langsung direcord dari kamera :D
Itu saja syaratnya. Berikut langkah-langkah yang saya tempuh untuk meminimalisir suara penonton dengan adobe audition:
  1. Import audio klip ke timeline
  2. Buka menu effects – filter – center channel extractor
  3. Ada beberapa preset disana, pilih preset acapella. Preset acapella akan mereduksi channel kiri dan kanan namun tetap mempertahankan channel tengah sehingga vokal penyanyi menjadi lebih jelas dan suara latar (background) menjadi teredam.
Silakan anda mencobanya :D Kalau menurut saya lebih baik suara yel-yel penontonnya dipertahankan, untuk mendapatkan momen kemeriahan acara live.
sumber : http://blog-tutorial-menarik.blogspot.com/2011/08/meredam-suara-berisik-penonton-di-lagu.html
Diberdayakan oleh Blogger.